RSS

Cara Mendidik Anak Cerdas

Semua orang tua menginginkan anak yang cerdas, anak yang pintar yang kelak hidup sukses, dan masa depan yang cemerlang. Bagaimana cara mendidik anak sejak dini agar cerdas & pandai ?
Menurut dr. Taufik Pasiak, anak cerdas adalah anak yang otak rasional, otak emosional, dan fungsi-fungsi motoriknya berjalan secara baik. Jika hanya salah satu berkembang, itu akan menghilangkan salah satu bekalnya dalam mengarungi kehidupan dewasa yang lebih keras. Jauh lebih mudah meningkatkan kemampuan otak rasional dan fungsi motorik dari pada otak emosional seorang anak.
Otak rasional berpusat di kulit otak (mengurusi hal-hal yang berkaitan dengan berpikir rasional, seperti berhitung, memecahkan masalah, dan lain-lain). Otak emosional berpusat pada sistem limbik (mengurusi soal perasaan : bagaimana menguasai diri, mengendalikan, dan bertindak sesuai dengan kadarnya).

Tips / cara membuat anak cerdas, jenius, dan kreatif, setidaknya ada 5 hal yang harus diperhatikan :

1. Makanan
makanan merupakan amunisi otak yang sangat penting. Anak-anak yang kekurangan gizi umumnya memiliki otak yang kurang berkembang. Konsumsi ikan yang cukup, ASI, Vitamin, dan mineral merupakan amunisi yang tepat bagi otak. Apapun kursus yang anda berikan pada anak anda tanpa memberikan makanan yang tepat, samalah artinya dengan mengisi ruangan tanpa menguatkan dinding-dindingnya. Gizi adalah bahan baku proses-proses seluler, terutama untuk pembangunan struktur otak.

2. Lingkungan
Makin bervariasi lingkungan hidup anak anda, makin baik perkembangan otaknya. Warna, bentuk, orang-orang yang berbeda, suasana yang bervariasi, dan lain-lain lebih mudah menstimulasi otak dibandingkan yang homogen. Jika anda menciptakan lingkungan yang kaya dengan permainan, otak anak anda berkembang dengan sangat pesat, oleh karena itu sebisa mungkin, tempat tidur, tempat belajar (terutama di sekolah-sekolah), dan ruangan keluarga dapat diubah setiap jangka waktu tertentu. Selain itu anda juga dapat mengajak anak-anak anda ke tempat-tempat / wahana yang baru. Semakin bervariasi lingkungan semakin cepat koneksi sel terjadi.
3. Pengalaman Emosional
Sitem limbik lebih dulu matang dibandingkan kulit otak, akibatnya anak-anak menjadi sangat peka terhadap rangsangan dan pengalaman emosional. Semua pengalaman emosional yang diberikan pada rentang usia 0-7 tahun ini akan sangat berpengaruh dalam membentuk jalinan antar sel saraf. Pada usia ini, kontrol diri, kesabaran, kerjasama, empati, dan lain-lain akan lebih mudah dilatih dan tertanam kuat didalam otak dibanding berhitung, membaca, atau kegiatan-kegiatan  kalkulatif lainnya. Jangan lupa, kematangan emosional lebih menentukan kesuksesan anak di masa mendatang daripada kemampuan berhitung dan main komputer.

4. Stimulasi rasional
Hal-hal yang baru (Novelty), menantang (Challenge), padu (Coherent), dan penuh makna (meaningful) lebih cepat mempengaruhi otak daripada hal-hal yang lazim atau biasa. Jika setiap hari anda memperkenalkan kata-kata baru kepada anak anda, teknik-teknik baru dalam berhitung, tugas-tugas yang menantang dan penuh makna (misalnya membuat percobaan fisika yang berhubungan dengan hal-hal sehari-hari), otaknya akan lebih cepat berkembang. Origami (seni melipat kertas) adalah salah satu cara memperbanyak hubungan sel saraf. Attention of details juga merangsan otak.

5. Aktifitas fisik
Aktifitas fisik mempengaruhi otak dengan tiga cara : 
a). Meningkatkan sirkulasi darah ke otak. Artinya, oksigen, gula, dan zat gizi juga bertambah;
b). Mempengaruhi produksi hormon NGV (Nerve Growth Factor);
c). Merangsang produksi dopamin. Zat ini berfungsi penting dalam menata perasaan (mood) anak anda. Semakin sering dan terampil anak anda melakukan kegiatan fisik, semakin baik perkembangan otaknya.
Lima hal diatas tidak berdiri sendiri. Semua saling melengkapi dan mempengaruhi. Anda tidak boleh mengedepankan dan memprioritaskan satu diantara yang lain. Jika anda harus memilih yang utama, disarankan untuk melatih emosi anak anda terlebih dahulu. Kematangan emosi memerlukan waktu tertentu untuk berkembang. Sedangkan kecerdasan rasional dapat anda tingkatkan kapan saja anda mau.

SELAMAT MENCOBA SEMOGA SUKSES.
  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar